Penyebab ngantuk setelah berenang

Penyebab ngantuk setelah berenang

Olahraga berenang adalah olahraga yang menyenangkan lagi menyehatkan. Anda tak perlu banjir keringat hanya untuk membakar kalori. Bahkan, berenang membakar kalori lebih banyak ketimbang olahraga yang lain. Apabila Anda menyadarinya, berenang adalah kegiatan yang lebih cepat menimbulkan rasa kantuk dibanding olahraga lainnya. Ada beberapa alasan yang menyebabkan mengapa tubuh lebih cepat lelah dan ngantuk setelah berenang. Sebenarnya, apakah normal jika setelah renang malah merasa ngantuk? Kenapa rasa kantuk itu datang?

Berikut ini adalah penyebab-penyebab munculnya rasa ngantuk setelah berenang:

  1. Menggunakan Otot-Otot Utama

Sedikit berbeda dengan jenis olahraga lainnya, gerakan dalam olahraga renang mengharuskan Anda untuk menggunakan otot-otot utama pada tubuh.

Gaya berenang seperti gaya dada, gaya punggung, gaya kupu-kupu, hingga gaya bebas, menggunakan otot perut, bisep, trisep, pantat, paha, dan tungkai kaki. Selain otot-otot tersebut, gerakan berenang melibatkan pula otot deltoideus (bahu), pectoralis (dada), dan punggung.

Dengan kata lain, berenang memaksa tubuh untuk bekerja keras, sekalipun Anda dalam situasi nyaman di kolam renang. Nah, penggunaan otot-otot utama dalam waktu yang lama akan sangat menguras energi sehingga setelahnya Anda akan merasakan lelah dan mengantuk.

  1. Melawan gaya apung air

Berenang termasuk olahraga yang berat. Olahraga ini membutuhkan energi yang cukup besar karena otot harus bergerak intens selama beberapa waktu.

Dalam olahraga renang, energi yang dibutuhkan tidak sedikit. Itu karena, agar Anda bisa bergerak bebas dan berpindah tempat, otot-otot tubuh mesti melawan gaya apung air yang berat.

  1. Kondisi air di kolam renang

Temperatur air kolam ternyata dapat memengaruhi rasa kantuk setelah berenang. Air dingin dapat mengakibatkan otot tegang karena kurangnya suplai aliran darah, sehingga tubuh harus bekerja lebih keras untuk kembali menaikkan suhu.

Sementara itu, air hangat pun juga dapat meningkatkan suhu badan, yang bisa berakibat pada rasa lelah dan mengantuk.

Selain temperatur air, kandungan kaporit yang terdapat di kolam renang juga dapat memengaruhi fungsi paru-paru, sehingga pernapasan Anda akan bermasalah dan tubuh terasa letih.

Bagi anda yang mempunyai masalah kolam renang seperti air yang hijau dan kotor janganlah risau. Hubungi kami www.bisniskolamrenang.com  siap membantu dalam perawatan kualitias air kolam renang anda agar tetap bersih,jernih dan sehat. Dan apabila anda belum mepunyai kolam renang sendiri kami www.bisniskolamrenang.com siap membantu dalam membuatkan kolam renang di tempat tinggal Anda dengan biaya lebih murah dan kualitas desain kolam renang yang sesuai dengan keinginan Anda. Miliki Kolam Renang yang bagus, modern dan elegant dengan biaya hemat dan ditangani oleh profesional berpengalaman. Bila Anda ingin bertanya seputar kolam renang yang diinginkan. Tim Kami siap ke tempat tinggal Anda dan memberikan konsultasi dan survey. Cek portofolio Kami dan saatnya Anda juga menggunakan jasa www.bisniskolamrenang.com .

Jika anda mempunyai pertanyaan, atau ingin info & konsultasi lebih lanjut tentang pembuatan & perawatan kolam renang, atau bahkan ingin merenovasi dan membuat kolam renang, jangan ragu untuk langsung menghubungi kami : 

WORK SHOP 

Alamat kantor : Lalung Waterland, Krakal Arum Jungke, Karanganyar 

Layanan Konsultasi, Kontak Team Bisniskolamrenang.com 

Phone : 0812 3797 9719 

WA : 0812 3797 9719 

Web : www.bisniskolamrenang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kontraktor
Kolam Renang

Mulai dari

2.5jt/m³

Garansi Termurah se-Indonesia