KAPORIT DALAM KOLAM RENANG, BERGUNA ATAU BERBAHAYA?

Untuk kamu Sobat Air yang suka berenang, kamu harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kolam renang. Berenang di kolam renang yang jernih pasti menjadi pilihan utama. Tapi, di sisi lain, biasanya kolam renang yang jernih terdapat kandungan kaporit yang tinggi pula. Tidak hanya kaporit bersifat mengeringkan kulit serta rambut, ada sejumlah dampak negatif dari air kaporit terhadap kesehatan tubuh

Sebelumnya mari kita bahas apa sih kegunaan kaporit dalam kolam renang?

Kalsium hipoklorit atau lebih dikenal sebagai kaporit, adalah salah satu jenis desinfektan yang biasa digunakan di air kolam renang. Kaporit umumnya berbentuk bubuk putih yang akan terpecah di dalam air menghasilkan oksigen dan gas klorin yang berbau menyengat.

Fungsi kaporit pada air kolam renang tidak hanya untuk membunuh bakteri-bakteri patogen yang tersebar pada air kolam renang, tetapi juga untuk menjernihkan air kolam renang. Penggunaan kaporit pada kolam renang harus disesuaikan dengan konsentrasi yang dibutuhkan dan batas aman yang telah ditetapkan oleh badan regulasi. Konsentrasi kaporit yang kurang dapat menyebabkan bakteri patogen yang ada di kolam renang tidak terbabat habis sehingga bisa menyebabkan penyebaran penyakit menular. Sedangkan konsentrasi kaporit yang berlebihan akan menyebabkan bahaya bagi kesehatan karena gas klorin yang tersisa pada air kolam renang.

Lalu bahayakah kaporit bagi tubuh kita?

Kaporit yang ada dalam air kolam renang dapat masuk ke dalam tubuh seseorang melalui beberapa bentuk dan cara, baik dalam bentuk gas klorin yang masuk melalui pernapasan, kontak langsung air kolam renang berkaporit dengan kulit atau mata, serta saat air kolam renang tidak sengaja tertelan oleh perenang. Gas klorin hasil reaksi kaporit dengan air kolam renang bersifat toksik. Jika tertelan, zat ini akan menyebabkan kerusakan pada jaringan-jaringan di dalam tubuh. Selain itu, gas klorin yang terhirup dalam konsentrasi yang tinggi bisa menyebabkan penyempitan saluran dan pembengkakan pada paru-paru. Kaporit juga dapat bereaksi dengan tubuh dan menyebabkan iritasi mata, infeksi kulit, gangguan pencernaan, dll. Fungsi kaporit dalam kolam renang ternyata bisa menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan. Bukan hanya pada bagian luar tubuh, tetapi juga gangguan pada organ dalam tubuh.

Oleh karena itu, diperlukan beberapa perlindungan saat berenang, seperti menggunakan kacamata renang, sumbat hidung, serta harus berhati-hati dalam membuka mulut ketika berenang agar tidak menelan terlalu banyak air kolam renang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
X