Mengenal Jenis dan Kegunaan Obat Kolam Renang

Kali ini kita akan membahas sesuatu yang masih berhubungan dengan kolam renang, yaitu obat kolam renang. Obat Kolam Renang, atau yang biasa disebut “chemical”, merupakan salah satu komponen penting dalam perawatan kolam renang. Lalu, apa yang dimaksud dengan obat kolam renang? Temukan jawabannya di bawah ini.

Jenis dan Kegunaan Obat Kolam Renang

Obat Kolam Renang adalah obat-obatan atau bahan kimia yang digunakan dalam perawatan renang. Pemberian obat-obatan ini sangat berguna untuk menjaga kolam agar selalu terbebas dari kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Saat ini, ada banyak jenis obat kolam renang yang ditawarkan dipasaran. Masing-masing produk memiliki fungsi dan kegunaan yang bervariasi. Apa saja obat-obatan tersebut? Berikut uraiannya.

Trussi (Copper Sulphate)

Trussi yaitu sejenis bahan kimia yang digunakan untuk mecegah pertumbuhan alga (lumut). Obat kolam renang ini juga dapat berfungsi untuk menjernihkan dan memberi warna kebiruan pada air kolam sehingga kolam terlihat lebih indah. Penggunaan trussi juga sama denga soda ash, yaitu dengan dilarutkan terlebih dahulu, kemudian memasukkannya ke dalam kolam renang.

PAC (Poly Aluminum Chloride)

Poly Aluminum Chloride, atau yang biasa disingkat PAC, adalah sejenis bahan kimia yang berbentuk bubuk. Obat kolam renang ini memiliki fungsi yang mirip dengan tawas, yaitu untuk mengikat kotoran dalam air dan dibawa mengendap kedasar kolam. Hal ini akan mempermudah proses pembersihan kolam renang, karena kotoran yang mengendap didasar kolam akan mudah untuk di angkat menggunakan vacuum. Sehingga, proses pembersihan kolam bisa lebih maksimal.

Chlorine powder 60% / Kaporit


atau disebut dengan kaporit dIgunakan untuk meningkatkan konsentrasi chlorine dalam air hingga mencapai ideal secara cepat, serta digunakan juga utuk menjaga konsentrasi chlorine tetap stabil Bentuk powder/ bubuk.

Soda Ash

Soda Ash yaitu yaitu sejenis bahan kimia yang digunakan untuk menaikan pH pada air kolam. Jika pH air kurang dari batas normal, maka kualitas air kolam akan turun jika terkena tambahan air, baik itu tambahan dari air hujan atau air dari kran. Dalam penggunaannya, obat kolam renang ini biasa dilarutkan dalam wadah sebelum kemudian dimasukkan ke kolam. Untuk hasil yang lebih maksimal, penggunaan soda ash sebaiknya dilakukan dalam keadaan sirkulasi air yang berjalan, sehingga sirkulasi tersebut bisa mempercepat meratanya soda ash.

Chlorine granular 90%


digunakan untuk meningkatkan konsentrasi chlorine dalam air secara cepat serta menjaga agar air tetap bersih dan biru, Caranya dengan menaburkan bubuk granular ke dalam kolam dan reaksi lebih cepat.

APPLIED

TCCA Chlorine 90% TABLET


Digunakan untuk menjaga agar konsentrasi chlorine dalam air tetap stabil, air menjadi bersih dan biru, Pengelolaan ini dilakukan apabila konsentrasi Chlorine Ideal, air dalam keadaan baik( bersih). PH yang seimbang pada air kolam renang di suhu 250C adalah berada pada angka 7,00 – 7,60. Dimana PH yang rendah mengakibatkan air dapat bersifat terlalu asam (acidic) sehingga dapat menyebabkan karat pada bahan logam yang berada dalam kolam renang, juga dapat mengikis dan memberikan noda pada keramik dinding dan lantai kolam. Sedangkan PH yang tinggi dimana sifatnya akan menjadi terlalu basa sehingga dapat mengakibatkan suburnya pertumbuhan mikroorganisme seperti alga /ganggang / lumut sehingga menyebabkan warna kolam menjadi keruh atau kehijauan.

Namun anda tidak perlu khawatir dan tidak perlu berpikir ulang bila telah merencanakan memiliki kolam renang di rumah karena pada umumnya chemical tersebut di atas aman digunakan sesuai takarannya. Jika anda kesulitan untuk pengaplikasiannya anda bisa menghubungi kami untuk Jasa Perawatan Kolam renang anda.

Jika anda ingin membeli obat kolam renang bisa pesan di tempat kami lihat harga barang